Talang Air

Sebagaimana mestinya, air adalah sebuah benda cair yang mencari celah-celah lebih rendah untuk terus mengalir di mana pun ia berada. Selain dibutuhkan, air yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah terutama di dalam rumah.

Hujan adalah salah satu masalah yang sering terjadi di dalam rumah, karena itulah perlu dicegah dengan memasang talang air di rumah-rumah. Tujuan adanya talang air adalah agar air tidak menggenang dan rumah bisa terjaga kebersihannya.

1. Jenis-Jenis Talang Air Rumah dan Kegunaannya

Berbicara mengenai talang air, sebenarnya memiliki beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya dan material yang diaplikasikan. Bagi Anda yang sedang butuh talang air untuk dipasang dirumah, alangkah baiknya jika mengetahui jenis-jenis dari talang air sehingga bisa memutuskan talang air jenis apa yang paling tepat.

Langsung saja inilah jenis-jenis talang air dan kegunaannya yang penting untuk diketahui.

1.1. Talang Air Logam

talang air logam
© mrbsupplies.com

Talang air logam adalah talang air yang terbuat dari bahan aluminium, seng, dan juga galvalum. Untuk mendapatkan jenis talang air logam biasanya dijual secara lembaran dengan tujuan agar lebih mudah menyesuaikan bentuk atap sehingga bisa bekerja secara lebih efektif dalam menghadapi air.

Selain bentuk yang mudah dibawa pemasangan talang air logam juga cukup praktis. Namun karena talang jenis ini terbuat dari logam, peluang untuk berkarat jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama pasti ada.

Sehingga sebelum memasang pastikan Anda sudah melapisinya dengan cairan yang mampu menghilangkan karat atau bisa juga dengan memilih bahan logam yang lebih berkualitas. Talang air logam juga mudah dijumpai di berbagai toko bangunan dengan harga yang variatif.

1.2. Talang Air Beton

Talang Air Beton
© beton.co.id

Perlu Anda ketahui bahwa jenis talang air beton adalah talang pertama yang ada di dunia atau bisa juga disebut talang tertua. Namun meskipun menjadi talang pertama yang ada di dunia, jenis ini sudah jarang digunakan. Di rumah besar talang air beton dipasang di pagar sebelah rumah dan persinggungan atap rumah.

Jika berbicara mengenai kekuatan, talang air beton jelas paling unggul dibandingkan dengan talang air yang lain. Tekstur nya yang kuat dan mampu menampung air dalam volume banyak menjadikan talang air beton awet meskipun dipasang puluhan tahun.

Namun banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk memasang talang air beton di rumah dikarenakan harganya yang cukup mahal dan proses pemasangan nya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Padahal sebenarnya talang air beton tidak membutuhkan perawatan lebih setelah pemasangan pertama. Lebih baik talang air beton dipasang di beberapa bangunan besar dan sejenisnya karena rumah bisa dipasang dengan talang air jenis lainnya.

1.3. Talang Air PVC

talalng air pvc
© tokopedia.com

Nah, kalau talang air jenis PVC adalah talang air yang paling sering dipasang di rumah-rumah warga. Talang air jenis PVC tergolong jenis baru dan merupakan terobosan bagi Anda yang tidak ingin ribet memasang talang air.

Bobot dari talang air PVC sendiri tergolong paling ringan karena bahan yang digunakan adalah plastik yang paling mudah dihancurkan oleh cuaca. Karena itulah, talang air jenis PVC tidak bisa bertahan lama dan harus diganti setiap 3 atau 4 tahun sekali.

Meskipun demikian, talang air ini tetap digemari oleh masyarakat terutama bagi masyarakat yang hidup di perumahan atau rumah sementara.

1.4. Talang Air Karpet

Talang Air Karpet
© Bukalapak.com

Jenis terakhir adalah talang air karpet. Bisa dikatakan bahwa bahan yang digunakan untuk talang jenis ini memang lebih ringan dibandingkan dengan jenis talang air yang lainnya.

Dengan harga yang sangat terjangkau, talang air karpet juga sangat mudah untuk dibentuk dan fleksibel dalam hal pemasangan.

Jika Anda ingin memasang talang air dengan jenis ini, Anda bisa memilih tingkat ketebalan karpet sesuai yang Anda butuhkan. Ketebalan karpet juga mempengaruhi harga talang air itu sendiri.

Namun yang perlu Anda ingat, talang air jenis ini tidak bisa bertahan dalam jangka waktu cukup lama karena tekstur nya yang mudah robek dan hancur terutama jika musim hujan secara berkala.

Bentuk setiap talang air memang berbeda-beda, ada yang berbentuk kotak, persegi panjang, trapesium, lingkaran dan lain sebagainya. Seluruh bentuk tersebut tidak mempengaruhi cara kerja dari talang air itu sendiri jika pemasangan yang dilakukan benar dan tepat.

Apapun jenis talang air yang Anda pilih untuk dipasang di rumah pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk mengimbanginya, pastikan Anda merawat talang air dengan benar agar tetap bisa bekerja dengan baik.

Masalah yang sering terjadi setelah pemasangan talang air cukup banyak, diantaranya beberapa kotoran yang menyumbat seperti daun, pasir, dan ranting pohon. Ada juga yang mudah rusak karena gangguan hewan seperti tikus dan katak.

Untuk mencegah kerusakan akibat beberapa faktor tersebut Anda bisa melakukan perawatan talang air dengan cara membersihkan kotoran yang mungkin menyumbat, perbaiki segera jika terdapat bagian talang air yang bocor, dan jika dibutuhkan lapisi kembali talang dengan zat anti karat.

Beberapa masalah yang menyebabkan talang air mudah bocor diantaranya adalah :

  1. Pemasangan talang air dari awal yang terlalu miring
  2.  Terdapat tikungan yang membuat air menggenang sehingga jika volume air banyak mengakibatkan bocor
  3. Kotoran yang menumpuk di corong talang air

Agar ketiga hal tersebut tidak terjadi Anda harus rutin mengecek dan memperbaiki talang air agar bisa bertahan lebih lama.

2. Harga Talang Air

Seperti yang kita ketahui, harga dari masing-masing jenis talang air pasti berbeda-beda. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah talang air yang paling tepat untuk kebutuhan Anda berikut terdapat daftar rentang harga talang air yang dapat kami rangkum!

  1. Talang air karpet memiliki rentang harga sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000 sesuai dengan ketebalan dan panjang karpet itu sendiri.
  2. Talang Air PVC per meter memiliki rentang harga sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan.
  3. Talang air logam memiliki harga sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 tergantung dengan kualitas harga, ukuran, dan diameternya
  4. Talang air beton memiliki harga yang cukup tinggi tergantung dengan diameter beton dan panjang bangunan rumah. Anda membutuhkan biaya diatas Rp 300.000 untuk bisa memasang talang air beton di rumah Anda.

Nah, talang air mana yang akan Anda pilih untuk melindungi rumah Anda dari kebocoran?

Jenis-jenis talang air diatas telah tersedia di toko kami dengan kualitas yang baik dan terjamin. Jadi jika Anda memang berniat untuk mencari talang air Anda bisa memesan nya di toko kami sekarang juga.

Pastikan bahwa pilihan Anda tepat agar tidak sering mengganti talang air di rumah Anda. Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan pelayanan cepat sekarang juga!

Tinggalkan komentar