Pengertian Safety Device

Siapa yang belum memahami pengertian safety device, bagi yang tidak tahu mungkin tidak bekerja di bagian konstruksi atau berkenaan dengan bangunan langsung.

Pasalnya penggunaan safety device terkadang hanya digunakan untuk pekerja luar ruangan atau berkaitan dengan konstruksi.

Di sisi lain, penggunaannya sangat jarang digunakan pada pekerja kantoran karena tidak sesuai fungsinya.

Seperti namanya, pengertian safety device tentu mengutamakan keselamatan karena ada kata “safety” di dalamnya yang berarti selamat.

Begitu juga dengan beragam macam jenis safety device menjadikan fungsinya ikut berbeda satu sama lain.

Nah berikut ini akan dibahas mengenai pengertian safety device beserta macam-macam jenisnya untuk diketahui.

Langsung simak penjelasannya berikut ini:

Pahami Yuk Arti Safety Device dan Kegunaannya

Mengikuti dan menyimak penjelasan kali ini pasti bertujuan untuk mengetahui pengertian safety device yang seringkali disebut-sebut.

Terlebih lagi bagi para pekerja lapangan yang berada di luar ruangan atau dalam situasi yang darurat tidak boleh melupakan safety device.

Di bawah ini akan dibahas tentang apa itu safety device beserta kegunaannya, jangan lupa ikuti penjelasannya.

Secara singkat dan mudah pengertian safety device menurut bahasan berarti alat yang digunakan untuk melindungi keselamatan pekerja.

Sering juga disebut dengan alat keamanan untuk pekerja yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari kemungkinan kecelakaan yang terjadi.

Oleh karena itu, beberapa kali disebutkan bahwa safety device ini lebih sering digunakan untuk pekerja lapangan.

Sebenarnya tidak terbatas pada itu saja, beberapa jenis safety device bukan merupakan perlindungan fisik melainkan kelengkapan bangunan.

Oleh karena itu, ketika bangunan tidak disertai dengan safety device maka dapat dikatakan sebagai kelalaian perusahaan.

Di sisi lain, ketika terdapat korban selama bekerja dan disebabkan oleh hal tersebut maka hal itu dapat masuk ke dalam kecelakaan kerja.

Selain kegunaan safety device untuk keselamatan kerja, fungsinya juga dapat meningkatkan proses produksi karena keamanan yang terjaga.

Perlu diketahui juga bahwa pada setiap profesi memiliki standar penyediaan safety device dan berbeda dengan profesi lainnya.

Untuk itu, mungkin penggunaan dan juga rencana perlindungan keselamatan menjadi berbeda antar tempat atau perusahaan.

Jenis Safety Device

Gambar jenis jenis safety device

Setelah mengetahui pengertian safety device, maka selanjutnya adalah memahami jenis atau pengelompokan dari alat safety device.

Tidak hanya digunakan oleh fisik, ternyata safety device juga termasuk beberapa perlengkapan keselamatan yang ada pada ruangan atau gedung.

Semakin penasaran? Yuk simak kelanjutannya untuk mengetahui apa saja jenis safety device sebagai berikut:

1. Alat Keselamatan Diri

gambar alat keselamatan diri

Pertama ada safety device yaitu alat keselamatan diri yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama ketika ada korban.

Hal ini juga termasuk pada ruangan tempat melakukan pertolongan tersebut, sehingga alat dapat diletakkan pada ruangan khusus.

Beberapa contoh alat keselamatan diri seperti tandu, selimut, kapas, kasa, sarung tangan lateks, dan lainnya.

2. Alarm Peringatan

gambar alarm peringatan

Kemudian ada alarm peringatan yang harus dimiliki tempat atau perusahaan yang bekerja contohnya seperti alarm kebakaran.

Cara kerja alarm kebakaran yang dapat merasakan gas yang berbahaya kemudian membunyikan peringatan merupakan hal yang harus ada.

Keberadaannya juga akan meminimalisir timbulnya korban ketika ada kecelakaan atau hal buruk lainnya yang muncul tiba-tiba.

3. Alat Tanggap Darurat

gambar alat tanggap darurat

Bersinggungan dengan alarm peringatan yang dibahas sebelumnya, alat tanggap darurat juga dibutuhkan ketika dalam situasi buruk yang terjadi.

Intinya ketika alarm peringatan berbunyi, maka pekerja dapat menggunakan alat tanggap darurat tersebut.

Contohnya saat alarm kebakaran berbunyi, maka dapat digunakan APAR untuk mencegah kebakaran yang berpotensi semakin meluas.

4. Detektor Keselamatan dan Benda Berbahaya

gambar detektor keselamatan

Selanjutnya pengertian safety device jenis detektor ini sebenarnya ada berbagai macam, tergantung pada detektor yang digunakan.

Salah satunya adalah detektor infra merah yang sering digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang untuk memastikan fisiknya sehat.

Kemudian ada juga detektor benda logam yang mungkin berbahaya, biasanya digunakan untuk memeriksa tamu.

Menggunakan detektor perlu dilakukan dan alangkah lebih baik diletakkan pada pintu masuk, hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pekerja.

Selain itu, detektor juga dapat melihat adakah hal yang tidak normal pada orang-orang di lingkungan.

5. Alat Pelindung Fisik

gambar alat pelindung fisik

Beralih ke safety device yang digunakan untuk melindungi fisik yaitu alat pelindung fisik atau yang seringkali disebut juga dengan physical guard.

Alat keselamatan satu ini bertujuan untuk mencegah sentuhan secara langsung dari alat yang berbahaya.

Misalnya susunan kabel yang berserak begitu saja akan menjadi berbahaya, untuk itu perlu alat pelindung kabel atau lainnya.

6. Sistem Relief

gambar sistem relief

Bagi beberapa bangunan atau lingkungan tertentu mungkin sering memiliki beberapa guncangan atau geseran yang tidak disadari.

Itulah fungsi dari sistem relief sebagai alat untuk tetap meletakkan suatu barang agar tidak bergeser atau berpindah tempat.

Biasanya digunakan untuk barang penting dan rentan menyebabkan bencana. Misalnya pengatur tekanan air atau listrik dalam bangunan.

7. Alat Pelindung Diri (APD)

gambar alat pelindung diri apd

Berbeda dengan pelindung diri, safety device pelindung diri ini dipasang pada daerah tubuh tertentu yang berfungsi untuk melindunginya.

Alat pelindung diri seringkali diremehkan oleh pekerja, tetapi hal ini merupakan hal penting yang harus diatur dalam perusahaan.

Beberapa alat pelindung diri yang umum digunakan adalah rompi, helm, sepatu khusus, sarung tangan, dan lainnya.

Itulah sedikit informasi yang dapat disampaikan mengenai pengertian safety device dan juga macam-macam jenisnya yang diharapkan akan bermanfaat.

Setiap jenis safety device tentunya memiliki perbedaan bentuk dan fungsi.

Oleh sebab itu mengapa safety device tersebut dikelompokkan dalam beberapa jenis.

Pembelian safety device yang aman akan lebih baik jika memiliki tanda standar di produk tersebut.

Rate this post

Leave a Comment