Percantik Kamar Mandi Anda Dengan Memilih Motif Keramik Berikut

Memang keramik adalah salah satu bahan material yang sangat penting. Karena sekarang ini keramik adalah bahan yang sangat penting dalam pembangunan sebuah rumah.

Rumah yang ada di pelosok- pelosok desa hingga rumah yang ada di perkotaan pasti akan menggunakan keramik sebagai bahan utama dari lantai rumah.

Pada umumnya keramik memiliki motif yang banyak, dan ada motif keramik kamar mandi minimalis. Dimana penggunaan keramik tidak hanya digunakan pada lantai dan ruang lainnya.

1. Ide Motif Keramik Kamar Mandi

Dikarenakan kamar mandi menjadi salah satu tempat untuk melakukan aktivitas pribadi seseorang, maka harus didesain dengan nyaman terlebih lagi pada pemilihan keramiknya.

1.1. Motif Talavera

Keramik kamar mandi motif talavera
© houzz.com

Dimana motif ini sangat cocok jika digunakan pada kamar mandi yang berkonsep retro namun masih memiliki sisi yang menenangkan. Motif keramik dari talavera ini memang serba biru apalagi jika dipadu padankan dengan adanya motif batu alam yang sedikit cerah.

1.2. Motif Fish Scale

Kamar mandi Motif Fish Scale
© houzz.co.uk

Dimana pada motif keramik ini memang menyerupai sisik dari ikan, ketika Anda memutuskan untuk mengaplikasikannya pada bagian dinding kamar mandi maka anda harus menggunakan motif lain pada bagian lantai nya sehingga akan terlihat lebih eye catching.

1.3. Motif Zigzag atau Zhevron

Keramik kamar mandi motif zigzag
© houzz.com

Untuk motif ini sangat cocok jika digunakan pada kamar mandi yang minimalis sehingga mampu memberikan tampilan yang jauh lebih unik. Biasanya dalam motif ini terdiri dari dua warna yang tidak mencolok.

1.4. Motif Kayu

Keramik kamar mandi motif kayu
© trendir.com

Motif kayu akan memunculkan kesan elegan dan simpel. Beberapa produsen kini menghadirkan keramik dengan motif kayu yang tahan air.

1.5. Motif Polos

Motif keramik kamar mandi polos
© pinterest.com

Bagi Anda yang tidak menyukai kesan terlalu ramai maka bisa memilih motif keramik polos. Untuk menciptakan kesan mewah Anda bisa memilih motif polos. Ini menjadi konsep sangat cocok untuk kamar mandi minimalis di dalam kamar.

1.6. Motif Batu Alam

Model kerami kamar mandi batu alam
© ideaboz.com

Motif batu alam akan menciptakan kesan yang alami dan klasik. Dengan ukuran kamar mandi yang minimalis keramik ini akan membuat kamar mandi lebih nyaman ketika digunakan. Terlebih terasa kembali bermain air layaknya di sungai seperti di daerah pegunungan.

1.7. Motif Keramik Kamar Mandi Anak

1.8. Motif Teraso

Model keramik kamar mandi motif teraso
© diespeker

Motif teraso menjadi salah satu motif keramik yang booming di era 1970 hingga 1980 an. Sehingga dengan memilih motif ini Anda akan merasa seperti di jaman tempo dulu.

Motif teraso kembali menjadi populer pada beberapa tahun terakhir ini.

2. Tips Memilih Lantai Keramik Kamar

Untuk mendapatkan hasil bangunan kamar mandi yang sempurna Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih keramik lantai kamar mandi. Terlebih bagi Anda yang masih pemula tentu beberapa hal ini akan menjadi pertimbangan yang penting.

Berikut ini adalah beberapa tips tentang memilih lantai kamar mandi minimalis.

2.1. Sesuaikan ukuran keramik dengan kamar mandi

Kamar mandi minimalis tentunya memiliki luas yang sempit sehingga dalam memilih keramik harus menentukan ukuran yang tepat. Keserasian antara ukuran ruangan dengan ukuran keramik akan berpengaruh pada estetika penampilan kamar mandi.

Ukuran kamar mandi yang minimalis sebaiknya batasi penggunaan keramik berukuran besar karena akan lebih banyak terbuang.

2.2. Bereksplorasi dalam pemasangan keramik

Tampilan lantai kamar mandi akan terlihat lebih cantik nan unik jika Anda bisa mengeksplorasi pola dalam pemasangannya.

Jika umumnya keramik di pasang secara bersusun maka Anda bisa bereksplorasi untuk membuat pola zig zag bahkan bisa di desain dengan pola tiga dimensi. Jangan lupa serasikan juga antara keramik lantai dengan keramik dinding.

2.3. Pilih keramik dengan bahan yang mudah di bersihkan

Terdapat berbagai jenis keramik dengan bahan yang berbeda. Nah, untuk kamar mandi tentu bahannya berbeda dengan keramik lantai ruang tamu. Maka dari itu, Anda perlu memilih keramik kamar mandi yang mudah di bersihkan.

Agar kamar mandi tidak licin maka keramik perlu di bersihkan setiap hari. Pastikan juga jenis keramik yang tahan goresan dan warna tidak mudah pudar.

2.4. Pilih motif dengan warna serasi

Nilai ekstetika pada ruangan kamar mandi akan di tentukan dari keserasian warna keramik. Jadi, antara warna lantai dan dinding harus serasi. Untuk motif bisa di pilih sesuai selera namun warnanya harus nyambung.

Pada kamar mandi minimalis sebaiknya hindari pola yang terlalu ramai. Karena minimalis selalu berkesan elegan maka dari itu pilihlah warna yang tepat untuk menciptakan estetika pada kamar mandi minimalis.

2.5. Hindari keramik dengan tekstur licin

Kamar mandi termasuk ruangan dengan lantai yang selalu lembab. Agar tidak mudah terpleset maka hindari pemilihan keramik dengan tekstur yang licin. Pilih keramik dengan tekstur yang agak kasar namun mudah untuk di bersihkan. Jangan tergoda dengan keramik glossy saat Anda memilih keramik untuk kamar mandi minimalis.

2.6. Memanfaatkan keramik dengan ukuran kecil

Ketika Anda ingin menghiasi semua permukaan kamar mandi dengan keramik maka harus bisa memanfaatkan keramik dengan ukuran kecil pada area melengkung.

Hasil akan terlihat bagus jika Anda menggunakan keramik dengan ukuran kecil pada area tembok ataupun lantai yang melengkung.

2.7. Pertimbangkan cara perawatan keramik

Sebelum memilih keramik untuk kamar mandi Anda harus mempertimbangkan cara perawatan keramik yang di pilih. Jika Anda memilih keramik berwarna putih pastikan pemasangannya di tempat yang jarang terkena kotoran misal di bagian tembok.

Tujuannya agar penampilan keramik tetap terlihat prima. Sementara jika Anda memilih keramik yang ukurannya kecil maka harus lebih ekstra tenaga dalam membersihkannya.

3. Desain Kamar Mandi Minimalis yang Bikin Nyaman

Selain memperhatikan motif keramik kamar mandi minimalis desain ruangan juga menjadi hal penting. Berikut ini terdapat beberapa desain kamar mandi minimalis yang bisa dijadikan pilihan :

3.1. Kamar Mandi Minimalis Desain Monokrom

Desan kamar mandi monokrom
© DigsDigs.com

Bagi Anda yang hanya memiliki area sempit untuk kamar mandi maka bisa memilih desain ini. Desain dengan perpaduan batu bata putih dan lantai hitam yang berbentuk heksagonal akan membuat kamar mandi lebih simpel.

3.2. Desain Kamar Mandi Dengan Sentuhan Industrial

Desain kamar mandi dengan sentuhan industrial
© renderixe.net

Desain kamar mandi minimalis dengan sentuhan industrial akan menciptakan kesan menarik pada ruang yang minimalis. Anda bisa membuat dinding model batu bata berwarna putih pada bagian shower. Tambahkan juga lampu hias dan cermin dengan sentuhan warna hitam.

3.3. Desain Pola Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Desain Pola Dinding dan Lantai Kamar Mandi
© wallsandfloors.com

Konsep minimalis dengan warna netral yakni hitam dan putih yang bisa Anda tiru dengan mudah. Pasang shower pada bagian pojok agar menimbulkan kesan simpel dan tentunya tetap fungsional.

3.4. Desain Kamar Mandi Luar Ruangan

Coba kamar mandi rustic
© joglolimasan.com

Tahukah Anda?, sentuhan rustic pada ruangan kamar mandi ternyata mampu membuat area lebih natural. Jadi, Anda bisa menambahkan kayu pada area plafon ataupun lantai kamar mandi.

Nah, jika memang Anda melakukan renovasi pada rumah atau baru saja ingin membangun rumah dan masih kebingungan untuk mencari motif keramik kamar mandi minimalis.

Maka pergi toko bangunan dekat rumah adalah pilihan yang sangat tepat, di sana Anda akan ditawari banyak sekali motif dengan harga terjangkau.

Tinggalkan komentar