Jenis-jenis Stainlees Steel

Stainless steel adalah suatu bahan multifungsi untuk mempermudah kebutuhan sehari-hari. Bahan ini mudah untuk dibuat menjadi beberapa barang contohnya saja digunakan untuk membuat saluran pipa.

Biasanya stainless steel digunakan untuk membuat barang-barang memasak seperti panci, wajan, tutup panci, peniris dan lain-lain. Ini karena dalam jenis stainless steel terdapat kandungan material yang membuatnya awet, tidak mudah rusak ataupun keropos.

Sebenarnya jika dipahami lebih mendalam stainless masih termasuk keluarga dari baja yang berwarna abu-abu. Jenis stainless steel ada banyak seperti halnya yang banyak dikenal seri tiga ratus yaitu empat, enam belas, tiga puluh dan dua ratus satu.

Masing-masing seri memiliki kegunaannya sendiri-sendiri misalnya untuk industri hotel, rumah sakit, mesin, pompa, alat-alat memasak, untuk bahan-bahan dapur dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Stainless Steel

Terdapat beberapa kategori dari jenis stainless steel yang bisa diketahui. Setiap kategori memiliki karakteristik dan ciri-cirinya tersendiri. Ketahui beberapa penjelasan mengenai kategorinya dibawah ini yaitu :

Austenitic

Austenitic terdiri dari bahan-bahan yang menyusunnya seperti kromium enam belas persen , nikel tujuh persen dan nitrogen. Stainless steel jenis ini memiliki kekuatan yang baik, bahkan jika berada di suhu tinggi atau rendah. Selain itu austenitic juga tidak mudah terkelupas.

Ada dua seri dalam kategori ini yaitu SS 200 yang bisa dibeli dengan harga murah tapi mudah terjadi karatan. SS 300 dapat dimiliki dengan membayar lebih sedikit dari keluaran seri dua ratus namun tidak mudah menjadi karatan.

Ferritic

Ferritic adalah kategori yang tersusun dari bahan kromium dengan presentasi sepuluh koma lima sampai dua puluh sembilan persen, molibdenum, aluminium dan lain-lain. Didapatkan dengan harga yang ramah di kantong meskipun kualitasnya dibawah austenitic.

Tersedia beberapa seri seperti empat ratus seperti lima, sembilan, tiga puluh. Untuk seri empat ratus tiga puluh ada empat, sembilan sedangkan seri empat puluh terdapat empat dan enam.

Martensitic

Martensitic adalah kategori stainless steel yang mengandung kromium sebesar sepuluh koma lima sampai delapan belas persen, mengandung nikel dua persen, silikon dan masih banyak lagi.

Dibandingkan dengan ferritic dan austenitic, stainless steel jenis ini memiliki kualitas yang lebih baik. Daya tahan martensitic cukup kuat meski digunakan terus menerus dan juga tidak mudah rusak.

Duplex

Ini menjadi kategori yang menjadi hasil persilangan dari austenitic dan ferritic yang memiliki ketahanan tingkat tinggi. Digunakan untuk produksi komponen kapal, Petrokimia dan dipakai juga dalam usaha industri kertas. Versi ini hampir sama dengan austenitic dan ferritic bahkan lebih baik lagi dari versi sebelumnya.

Precipitation Hardening

Termasuk kategori kedua yang menjadi hasil produksi perpaduan dari austenitik dan martensitic. Di masyarakat seri ini dikenal sebagai AISI enam ratus tiga puluh yang memiliki nama lain AISI 17-4 PH. Hardening ini sangat kuat jika digunakan dan tidak mudah mengalami proses korosi.

Cara Memastikan Keaslian Stainless Steel

Terkadang saat melihat barang tersebut sama persis dengan jenis stainless steel tapi ternyata bukan. Akan dijelaskan beberapa tips memastikan keaslian stainless steel. Dimanfaatkan pula untuk membedakan tipe-tipe stainless yang terlihat hampir serupa tapi berbeda. Lihat penjelasan lebih lengkap dibawah ini yaitu :

Menggunakan Magnet

Magnet dapat digunakan untuk membedakan stainless dan memastikan keasliannya stainless steel sesuai dengan karakteristiknya menggunakan magnet. Itu karena beberapa tipe mengandung bahan-bahan yang mudah tertarik jika didekatkan pada magnet.

Pembedaan yang bisa dilakukan menggunakan magnet tipe ferritic, austenitic dan martensitic. Jangan menganggap remeh kualitas stainless yang memiliki bahan magnet karena tidak kalah dengan tipe yang tidak mengandung magnet.

Memakai XRF Analyzers

XRF Analyzers termasuk pembeda tipe stainless selanjutnya dengan cepat dan tepat. Alat ini berbentuk memanjang dan pada bagian ujung atas berbentuk kotak yang akan menampilkan hasil pengecekannya. Hanya saja harga alat ini sangat mahal sekitar empat puluh dolar meskipun dapat mengecek dengan tepat grade stainless steel.

Koslow

Koslow adalah alat penguji keaslian dan pembeda jenis stainless steel yang menggunakan cairan yang bertahan beberapa waktu saja. Pada umumnya akar ini akan satu paket yang terdiri dari beberapa cairan di dua botol kecil.

Didalamnya ada pula alat kotak berbentuk persegi panjang untuk menampilkan hasil dan alat-alat lainnya yang digunakan untuk menunjang pengecekan.

Keuntungan alat ini tidak akan menjadikan sample rusak dan harganya kira-kira lima ratus tujuh puluh lima USD belum termasuk biaya pajak dan impor karena didapatkan dari luar negeri.

Stainless Steel Identification

Untuk alat pembeda jenis stainless steel dalam satu kali paket bisa digunakan sampai tiga puluh lima kali. Penggunaannya mudah, tepat, bisa dilakukan dalam beberapa menit dan simpel apalagi dapat disimpan di kulkas di Freezer sehingga sampel tidak rusak.

Dipakai untuk menguji stainless pada jenis rendah tapi untuk yang sering menggunakannya lebih baik jangan membeli ini karena terbatas hanya beberapa kali saja. Seperangkat alat ini terdiri dari beberapa botol cairan kecil-kecil dan alat-alat untuk menguji sampel serta memastikan hasilnya tepat.

Itulah pemaparan tentang jenis stainless steel lebih dalam dan rinci. Sebelum membeli barang stainless steel cek terlebih dahulu berapa harga dipasaran agar tidak mudah tertipu karena tentunya setiap tipe memiliki harga berbeda-beda tidak sama.

Belilah stainless steel di toko yang terpercaya agar tidak membeli produk palsu.

Cek terlebih dahulu sebelum membeli agar tidak merugikan pemakainya atau tertukar karena tidak dapat membedakan jenisnya karena tidak teliti saat membeli.

Rate this post

Leave a Comment