Instalasi Listrik Rumah Tangga

Seluruh orang pasti setuju, jika listrik adalah aspek yang paling penting dalam kehidupan modern di masa sekarang. Tanpa listrik, orang-orang tidak akan bisa menikmati berbagai teknologi modern sekarang. 

Bahkan ketika di rumah, instalasi listrik rumah tangga yang mendukung aktivitas setiap orang di rumah. Walaupun listrik rumah tangga digunakan hampir setiap waktu. Namun, kadang orang-orang hanya sekedar menggunakan tanpa mengenal instalasi ini lebih jauh. 

Karena itu, tidak ada salahnya bagi para pengguna listrik rumah tangga untuk mengetahui serba-serbi dari instalasi listrik dalam rumah tangga. Berikut akan dibahas secara mendetail mengenai hal-hal yang berhubungan dengan instalasi listrik ini. 

Memahami Proses Instalasi Listrik

Hal pertama yang harus diketahui tentang instalasi listrik rumah tangga, tentunya, adalah apa yang dimaksud dengan instalasi listrik. Instalasi listrik adalah proses pemasangan dan penyesuaian perangkat aliran listrik untuk pertama kalinya di sebuah bangunan.

Proses ini biasanya perlu dilakukan oleh para profesional. PLN sebagai perusahaan listrik di Indonesia juga menyediakan jasa untuk melakukan proses ini di rumah atau bangunan baru. Biasanya juga PLN akan menyediakan beberapa perangkat untuk bangunan baru.

Hal yang perlu dipahami oleh orang yang ingin melakukan proses instalasi listrik adalah PLN bukanlah jasa untuk instalasi listrik. PLN memang bersedia melakukannya dan menyediakan jasanya dengan biaya tertentu.

Karena itu, para pelanggan PLN tidak bisa begitu saja untuk meminta pihak PLN melakukan instalasi. Jadi, dapat dikatakan jika proses instalasi listrik itu adalah tanggung jawab dari para pemilik bangunan atau rumah itu sendiri.

Jenis Jaringan Instalasi Listrik Rumah Tangga

Suatu rumah ternyata tidak hanya terdiri atas satu jaringan aliran listrik saja. Ada berbagai jaringan listrik yang harus diatur sedemikian rupa di rumah. Jadi, semuanya bisa bekerja tanpa mengganggu satu sama lainnya. Berikut adalah dua jaringan dasar yang ada dalam listrik rumah tangga:

1. Instalasi Listrik Daya

Instalasi listrik rumah tangga satu ini diperuntukkan untuk menyediakan suplai listrik untuk peralatan elektronik di rumah. Semua alat elektronik pasti ditunjang oleh sistem instalasi daya kecuali satu, yaitu instalasi untuk jaringan lampu.

2. Instalasi Listrik Lampu

Seperti yang dikatakan sebelumnya, instalasi listrik daya akan memberikan daya pada seluruh perangkat elektronik di rumah, kecuali lampu. Hal ini ternyata ada alasannya tersendiri. 

Karena lampu memiliki jaringan instalasi listriknya sendiri. Instalasi penerangan dan instalasi untuk daya yang lainnya memang sangat penting untuk dibedakan.

Manfaat Instalasi Listrik Rumah Tangga

Sudah jelas, jika listrik sudah memegang peranan besar dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan listrik mendatangkan berbagai manfaat yang bisa dinikmati semua orang. Berikut ini adalah berbagai manfaat dari instalasi listrik pada rumah tangga.

1. Menunjang Semua Kegiatan di Rumah

Hampir tidak ada satupun kegiatan atau aktivitas di rumah yang tidak melibatkan listrik. Mulai dari aktivitas membersihkan rumah, hiburan dan berkumpul bersama keluarga, dan kegiatan lainnya pasti melibatkan energi listrik.

Hampir seluruh peralatan rumah tangga, sudah menerima daya dari listrik. Keberadaan listrik pun bisa membuat kegiatan di Rumah semakin produktif dan memberikan kemudahan. 

2. Rumah Semakin Nyaman Sebagai Tempat Tinggal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, adanya listrik membuat kegiatan di rumah menjadi semakin mudah. Membuat rumah semakin nyaman sebagai tempat tinggal. Keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa hambatan jika rumah memiliki aliran listrik.

3. Meningkatkan Keamanan Rumah

Instalasi listrik rumah tangga juga dapat meningkatkan keamanan rumah. Karena dengan adanya energi listrik, para keluarga bisa memasang berbagai alat pengawas dan keamanan.  Seperti CCTV atau alarm jika ada orang asing yang masuk. Jadi, rumah bisa lebih terjaga dan memberikan rasa aman pada para penghuninya.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Instalasi Listrik Rumah Tangga

Melakukan proses instalasi listrik bukanlah hal yang mudah. Ada banyak persiapan dan perhitungan matang yang harus dilakukan. Baik oleh para pemilik rumah yang ingin di instalasi listriknya, maupun dari pihak jasa instalasi listrik rumah tangga itu sendiri.

Sebelum melakukan proses instalasi, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini. Karena beberapa hal ini akan sangat mempengaruhi proses instalasi.

1. Memastikan Ukuran Rumah dan Daya Listrik yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan instalasi listrik terutama di Rumah tangga adalah ukuran rumahnya. Dengan mengetahui ukuran rumah dapat diketahui panjang kabel listrik yang dibutuhkan. 

Terutama, pada jalur utama pada instalasi listrik yang akan dilakukan.Selain itu, perlu dihitung juga berapa besar daya listrik yang dibutuhkan untuk rumah yang sudah diketahui sebelumnya. Jadi, para pemilik bisa menentukan ukuran MCB atau miniature circuit breaker.

2. Mempersiapkan Material dan Peralatan yang Diperlukan

Ada berbagai material dan peralatan yang diperlukan untuk mendukung proses instalasi listrik. Misalnya saja boks untuk tempat meletakkan MCB, kemudian saklar tunggal maupun ganda, lampu, kabel dengan panjang yang dibutuhkan.

Stop kontak, isolasi merupakan bagian yang tidak bisa dilupakan ketika akan melakukan instalasi listrik. Kemudian, diperlukan juga alat-alat seperti palu, test pen, dan sebagainya. 

Pastikan untuk menggunakan material dan peralatan dengan kualitas yang baik dan sudah berlogo SNI agar instalasi  listrik rumah tangga aman dilakukan.

3. Membagi Proses Instalasi dalam Beberapa Jenis

Sempat disebutkan sebelumnya, jika rumah memiliki beberapa bagian dan jenis aliran listrik di dalamnya. Dalam pemasangan atau instalasi listrik hal ini perlu diperhatikan juga. Karena dalam pengerjaan atau pemasangannya lebih baik untuk dibagi menjadi kelompok jaringan.

Kelompok ini bisa dipisahkan berdasarkan jenis listriknya searah atau bolak – balik. Pengelompokan jalur listrik untuk lampu sendiri, jalur listrik untuk stop kontak sendiri, dan sebagainya. Hal ini membuat instalasi lebih cepat, dan aman karena dikerjakan bertahap.

4. Pasang Jalur Utama Terlebih Dahulu

Setelah membedakan proses instalasi ke dalam beberapa jenis dan kelompok. Buatlah daftar prioritas dalam mengerjakan jalur-jalur yang sudah dikelompokan. Jauh lebih baik, jika proses instalasi listrik  dimulai dari jalur utama terlebih dahulu.

Jalur utama yang dimaksud adalah jalur pada MCB yang dihubungkan dengan kabel-kabel. Kemudian, membentuk jalur instalasi listrik yang awal. Biasanya, jaringan ini akan terdiri dari berbagai kabel dengan banyak warna. 

Kabel-kabel ini akan jauh lebih aman, jika saat pemasangan dilapisi atau dipasang pada bagian dalam pipa PVC. Kebanyakan MCB diletakkan di luar ruangan. Jadi, menggunakan pipa PVC bisa melindungi kabel-kabel tersebut. Selain itu, membuatnya terlihat lebih rapi. 

5. Mempersiapkan Untuk Grounding

Grounding adalah mekanisme untuk mengalirkan arus listrik ke dalam tanah. Teknik ini akan efektif, seandainya rumah terkena sambaran petir. 

Dengan grounding maka perangkat elektronik di dalam rumah akan tetap aman. Grounding perlu dilakukan terutama untuk rumah-rumah lebih dari satu lantai di area yang terbuka. 

Itulah serba-serbi dari instalasi listrik rumah tangga. Mulai dari pengertiannya, manfaat, jenis, dan berbagai hal yang lainnya. Tidak hanya sekedar menggunakannya, tidak ada salahnya mengetahui lebih dalam sistem listrik yang mendukung aktivitas rumah tangga.

Rate this post

Leave a Comment