7+ Cat Genteng Terbaik Mengkilap Anti Bocor

Saat ini sudah banyak cat genteng terbaik mengkilap anti bocor yang dapat ditemukan di berbagai toko bangunan. Setiap jenis cat dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari harga murah sampai dengan harga mahal. Selain itu, kualitas dari setiap jenis cat juga berbeda-beda.

Sebelum membeli cat genteng, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu merk, ukuran, warna dan harga dari cat genteng. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan cat genteng dengan kualitas yang terbaik.

1. Jenis Cat Genteng

Untuk mendapatkan tampilan genteng dengan sempurna, Anda perlu mengetahui beberapa jenis cat genteng yang bisa digunakan.

Setiap jenis cat memiliki kelebihan masing-masing, untuk mengetahui lebih jelas berikut penjelasan mengenai jenis cat genteng.

1.1. Acrylic Resin

Genteng yang terbuat dari tanah liat atau genteng beton dapat menggunakan jenis cat yang mengandung resin akrilik. Dengan adanya kandungan ini genteng dapat menghasilkan finishing glossy dan memiliki ketahanan yang cukup bagus.

1.2. Zinc Chromate Primer

Untuk genteng rumah yang terbuat dari logam, dapat menggunakan jenis cat Zinc Chromate Primer.

Cat dengan kandungan zinc chromate ini dapat berfungsi untuk melindungi genteng dari korosi. Apalagi kita ketahui bahwa genteng logam memang sangat rawan terjadi korosi.

1.3. Cat Waterproff

Jenis cat yang sering dicari banyak orang adalah cat waterproff. Cat waterproff merupakan jenis cat yang memiliki kekuatan antibocor.

Jenis cat ini memiliki sifat anti jamur, kedap air, elastis dan anti alkali. Cat ini sangat cocok digunakan pada genteng beton atau genteng tanah liat.

1.4. Styrene Acrylic

Styrene Acrylic merupakan jenis cat yang mengandung formula styrene acrylic yang berfungsi melindungi permukaan genteng dari jamur dan perubahan cuaca.

Cat yang mengandung kandungan ini dapat memberikan efek finishing glossy pada genteng rumah. Cat jenis ini sangat cocok digunakan pada genteng tanah liat saja.

1.5. Vernis Thinner

Jenis cat yang dapat memberikan kilap pada genteng sehingga membuat genteng menjadi semakin menawan adalah jenis vernis thinner.

Jenis ini memiliki keunggulan yaitu dapat mengurangi adanya debu pada genteng. Dengan keunggulan tersebut maka bisa dipastikan bahwa cat genteng jenis ini sangat cocok untuk Anda.

1.6. Alkyd Synthetic

Cat jenis ini memiliki kandungan formula alkyd synthetic yang berfungsi untuk memberikan finishing glossy cukup kuat pada genteng.

Dengan kandungan ini juga dapat membuat genteng terhindar dari jamur dan cuaca. Penggunaan cat Alkyd Synthetic sangat cocok pada genteng tanah liat atau beton.

2. Merk Cat Genteng Terbaik Mengkilap Anti Bocor

Jika Anda mencari cat genteng terbaik mengkilap anti bocor, maka Anda bisa menjumpainya di berbagai toko offline maupun online.

Banyak cat genteng yang disediakan dengan berbagai spesifikasi. Untuk mengetahui cat genteng terbaik, berikut penjelasannya beserta dengan spesifikasinya.

2.1. Dulux Weathershield Roof Paint

Cat genteng terbaik Dulux Weathershield Roof Paint
© bukalapak.com

Dulux Weathershield merupakan cat yang sudah populer di kalangan banyak orang. Cat Dulux memiliki spesifikasi yaitu berisikan 2.5 liter cat, memerlukan waktu 1-2 jam untuk kering, perawatan genteng jangka panjang, hasil akhirnya membuat genteng menjadi glossy, mampu melindungi dari lumut, hasil cat tebal dan dapat bertahan lama.

Harga: Rp. 167.000 – Rp. 169.000

2.2. Avian Paint Avitex Roof

Cat Genteng Avian Paint Avitex Roof
© fobuma.com

Memiliki kandungan bahan akrilik, membuat cat Avian Paint dikenal memiliki bahan yang awet. Cat ini digunakan khusus untuk atap tanah liat, dalam penggunaannya cat ini memiliki kecepatan kering yang cukup baik. Untuk rumah yang berada di daerah perubahan cuaca ekstrim, sangat cocok menggunakan cat ini. Dalam 1 pcs, cat ini berisikan 4 kg cat.

Harga: Rp. 119.000 – Rp. 165.000

2.3. Propan Glasskote

Cat Genteng Propan Glasskote
© propanraya.com

Menurut Propan, GLASSKOTE GK-05 WB Cat Genteng Waterbased adalah cat acrylic berbahan dasar air untuk genteng beton, genteng tanah liat, genteng asbes atap asbes dan lain-lain.

Cat Genteng Waterbased dibuat dari bahan acrylic emulsion dengan pigmen warna pilihan yang berkualitas. Produk ini memiliki daya lekat yang kuat terhadap substrat, tahan cuaca, tahan lumut dan jamur, warna tahan lama dan tidak mudah pudar serta mempunyai daya tutup yang baik.

Produk ini cepat kering, serta sangat cocok digunakan pada industri genteng karena produk ini cepat kering.

Keuntungan :
Tahan cuaca
Warna tahan lama
Daya lekat yang kuat terhadap substrat
Daya tutup yang baik
Cepat kering

Kemasan : 2.5 L dan 20 L

Harga kisaran 140 untuk ukuran 2,5 L

2.4. Matex Nippon

Cat Genteng Matex Nippon
© shopee.co.id

Tidak asing lagi dengan jenis cat yang satu ini, dikenal dapat membuat performa genteng menjadi bagus membuat cat Matex Nippon Paint memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang dimiliki cat ini yaitu dapat tahan dari terik matahari, daya tahan pada genteng cukup lama dan memiliki banyak varian warna seperti brown, white, benhur, mandarine orange dan masih banyak lagi.

Harga: Rp. 130.000 – Rp. 145.000

2.5. Sika Raintite

Cat Genteng Sika Raintite
© shopee.co.id

Genteng Sika Raintite merupakan genteng yang sangat recommended untuk Anda yang mencari genteng anti bocor. Genteng ini dikenal memiliki kualitas tahan air yang baik. spesifikasi yang dimiliki jenis cat ini yaitu tahan terhadap sinar UV, kedap dengan air, kental, tidak menyebabkan jamur, dan daya rekatnya sangat bagus.

Harga: Rp. 50.000 – Rp. 145.000

2.6. Mowilex Roof Paint

Cat tembokMowilex-Roof-Paint
mowilex.com

Spesifikasi yang dimiliki cat genteng Mowilex Roof Paint yaitu tahan dengan serangan lumut atau jamur, daya serap debu cukup rendah, kualitas warnanya dapat bertahan lama, bahan dasarnya air, cepat mudah kering dan tidak berbau menyengat. Cat jenis ini dikenal sebagai cat yang berbahan 100% dari emulsi acrylic serta mengandung pigmen besi oksida.

Spesifikasi:

Untuk: Atap beton, ‘concrete clay’, ‘con block’, ‘paving block’, kansteen
Permukaan: Beton, batu bata
Daya sebar: 9 – 12 m2/L @ 30 – 40 mikron

Jumlah lapisan: 2 – 3 lapis
Kemasan: 2.5 Liter & 20 Liter
Alat aplikasi: Kuas or semprot
Warna: 16
VOC level: 82.9 g/L
Garansi: 4 tahun

Bahan dasar: Air

Tampilan: Eggshell

Harga: Rp. 165.000 – Rp. 180.000

2.7. Cat Genteng Jotaroof

Cat Genteng Jotaroof
© blibli.com

Salah satu cat genteng terbaik yang perlu dicoba yaitu Jotaroof. Cat ini dikenal dapat membuat rumah menjadi terlihat bersih dan rapi. Spesifikasi dari cat Jotaroof yaitu 100% bebas logam berat, APEO dan formaldehida, Anti jamur dan ganggang, 2 kali perlindungan warna terhadap UV dan dapat memantulkan panas.

Harga: Rp. 150.000 – Rp. 260.000

2.8. No Drop

Cat Genteng No Drop
© tokopedia.com

Dikenal dengan slogan cat pelapis anti bocor, membuat No Drop sangat recommended bagi yang mencari cat genteng terbaik mengkilap anti bocor. Spesifikasi yang dimiliki cat ini yaitu memiliki penampilan yang semigloss, kekentalan yang dimiliki 200-300 poise untuk warna sedangkan untuk transparan sekitar 130-140. Dalam 1 pcs berisikan 1 kg cat.

Harga: Rp. 50.000 – Rp. 60.000

Cara Membuat Genteng Menjadi Mengkilap

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat genteng menjadi mengkilap adalah dengan menggunakan cat. Apalagi saat ini sudah tersedia cat khusus untuk genteng menjadi mengkilap sempurna.

Namun apabila Anda merasa cat yang digunakan kurang memberikan efek mengkilap, maka Anda bisa menggunakan cara lain. Salah satunya yaitu dengan menggunakan clear coating. Clear coating merupakan sebuah cairan yang berbahan dasar akrilik eolvent base.

Bahan dasar ini memiliki fungsi untuk membuat genteng menjadi mengkilap dengan bagus, membuat genteng aman dari cuaca hujan atau panas, membuat genteng tetap awet dan terbebas dari lumut. Dengan adanya kandungan ini maka genteng dapat dijadikan mengkilap secara alami.

Untuk mencari cat genteng terbaik mengkilap anti bocor tidaklah sulit. Saat ini memang cat genteng menjadi kebutuhan tambahan dalam membangun sebuah rumah. Dengan kemudahan mendapatkan cat genteng, membuat proses pembangunan rumah juga mudah untuk dilakukan.

Namun perlu diketahui bahwa dalam memilih cat, Anda harus benar-benar sudah melakukan survey sebelumnya. Dengan begitu, maka kualitas cat yang dibeli sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tinggalkan komentar