Pilih Batu Pondasi Kali atau Gunung? Berikut Daftar Harga di Tempat Kami

Batu Pondasi – Sebagaimana kita ketahui, fungsi utama rumah adalah sebagai tempat tinggal sekaligus perlindungan dari panas, hujan, angin, serta gangguan alam lainnya.

Tak cukup hanya sekedar rapi dan terlihat indah, tempat tinggal juga haruslah kokoh dan aman. Rumah yang kokoh dan kuat perlu dirancang dengan struktur bangunan rinci dengan bahan bangunan yang baik pula.

1. Pengertian Pondasi

pengertian pondasi
redfin.com

Pondasi merupakan suatu bagian dari pembuatan sebuah bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah. Dasar pondasi yang kuat akan menahannya tanpa terjadinya differential settlement pada sistem strukturnya.

Untuk memilih tipe pondasi yang memadai, perlu Anda perhatikan apakah pondasi itu cocok untuk berbagai keadaan di lapangan. Lalu, apakah pondasi itu memungkinkan untuk diselesaikan secara ekonomis sesuai dengan jadwal kerjanya.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam membangun suatu pondasi. Berikut hal-hal yang wajib Anda ketahui sebelum membangun suatu pondasi :

  1. Keadaan tanah pondasi
  2. Batasan-batasan akibat konstruksi di atasnya
  3. Keadaan daerah sekitar lokasi
  4. Waktu dan biaya pekerjaan
  5. Kokoh, kaku dan kuat

Umumnya, kondisi tanah dasar pondasi mempunyai karakteristik yang bermacam-macam. Berbagai parameter yang berpengaruh pada karakteristik tanah antara lain adalah pengaruh muka air tanah mengakibatkan berat volume tanah terendam air berbeda dengan kondisi volume tanah.

Jenis tanah dengan karakteristik fisik dan mekanisme masing-masing memberikan nilai kuat dukung tanah yang berbeda-beda. Dengan demikian, pemilihan tipe pondasi yang akan digunakan harus disesuaikan dengan berbagai aspek dari tanah yang anda tempati atau anda bangun.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam perencanaan suatu pondasi, yakni:

  1. Pondasi harus ditempatkan dengan tepat, sehingga tidak akan terjadi longsor .
  2. Pondasi harus aman dari kelongsoran.
  3. Pondasi harus aman dari penurunan yang berlebihan.

Itu dia beberapa keriteria yang harus anda penuhi saat membangun suatu pondasi. Berikut ini saya juga akan mengulik macam-macam batu pondasi yang sering dipakai serta kokoh untuk digunakan.

2. Macam-macam Batu Pondasi

Untuk membangun suatu pondasi dibutuhkan bahan baku yang dijamin kuat dan kokoh. Karena, kekuatan suatu pondasi salah satunya terletak pada bahan baku yang digunakan.

Pada umumnya, batu yang sering digunakan untuk membangun pondasi adalah batu kali dan batu gunung. Kedua batu tersebut sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pondasi.

2.1. Batu kali

Batu kali merupakan salah satu material bangunan yang sangat penting untuk membangun sebuah bangunan. Batu kali dipasang bersama campuran semen, pasir, dan air atau sering disebut juga mortar dalam Bahasa Jawa disebut luluhan sebagai konstruksi awal pembuatan dinding rumah.

Jenis batu kali setidaknya dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Batu Kali Bulat
    Batu kali bulat merupakan batuan alami yang berbentuk bulat dan tidak beraturan. Bahan bangunan ini cukup keras dan tahan terhadap cuaca namun mortar kurang mengikat atau menempel kuat karena tekstur permukaannya halus.
  2. Batu Kali Belah
    Batu kali belah merupakan batuan alami yang berbentuk besar lalu dihancurkan. Batu kali jenis ini merupakan bahan bangunan yang paling baik untuk pembuatan suatu pondasi, karena selain bahan yang keras, tekstur permukaannya pun cukup kasar sehingga mortar mengikat atau menempel dengan kuat.

2.2. Batu Gunung

Sesuai dengan namanya, batu gunung dapat kita temukan di daerah pegunungan. Pada umumnya batu ini dibuat untuk beberapa keperluan bangunan.

Ciri utama dari batu gunung adalah memiliki warna abu-abu dengan wujud berupa bongkahan besar dan tidak jarang juga batuan besar dari gunung ini telah di pecah sebelum di jual ke pembeli.

Batu gunung dapat diolah menjadi beberapa bahan yang diperlukan di konstruksi sebuah bangunan, yaitu pondasi awal hingga bahan campuran cor. Selain dapat dugunakan untuk berbagai macam pembangunan rumah dan gedung, batu gunung juga bisa digunakan sebagai timbunan.

Batu gunung banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan pondasi rumah, karena struktur dan wujudnya yang kokoh serta tidak mudah hancur. Banyak orang yang menggunakan batu ini sebagai bahan baku utama dalam pengerjaan struktur awal dari bangunannya.

Bobot batu yang cukup besar ini mampu menanggung berat tanpa goyah serta memiliki kemampuan untung menopang sebuah bangunan. Sedangkang, batuan gunung yang sudah di pecah dapat di gunakan untuk perbaikan jalan atau pembangunan jalanan aspal.

Selain itu, batu gunung juga bisa menjadi bahan baku dari adukan cor setelah di hancurkan menjadi batuan kecil sesuai ukuran yang di butuhkan dalam proses cor. Batuan gunung banyak di temukan di hampir seluruh Indonesia sehingga tidak begitu sulit untuk anda menemukan batuan ini.

3. Kelebihan Pondasi Batu Kali

Bila rumah anda ingin ditopang dengan pondasi yang sangat kokoh, maka pilihlah jenis pondasi batu kali. Batu ini memiliki banyak keuntungannya juga, lho!

Pondasi batu kali banyak ditemukan di berbagai bangunan, umumunya kita dapat temui di hunian tempat tinggal. Selain kuat dan kokoh, pondasi berbahan dasar batu kali juga banyak dipilih karena biaya produksinya yang relatif lebih rendah dari jenis pondasi lainnya.

Lalu, apa saja keuntungan pondasi batu kali untuk pondasi tempat tinggal anda? Berikut ini ulasan selengkapnya.

3.1. Tidak Mudah Bocor

Keuntungan pertama dari penggunaan pondasi batu kali adalah untuk meminimalisir risiko kebocoran di rumah. Dengan kata lain, jenis pondasi ini akan lebih baik manfaatnya secara lingkungan dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Hasilnya, rumah pun jadi lebih rentan terhadap kebocoran gas, banjir, dan juga serangan jamur.

3.2. Bentuk Konstruksi Lebih Sederhana

Dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya, pondasi batu kali memiliki bentuk konstruksi yang lebih sederhana.

Bahkan, pondasi ini juga memungkinkan proses pengerjaan langsung di tempat agar ukuran dan proporsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kemudahan ini sekaligus memangkas berbagai kendala lain seperti misalnya kebutuhan penggunaan alat berat yang pasti cukup merepotkan.

3.3. Menambah Kokoh Masa Bangunan

Batu kali adalah material konstruksi yang telah terbukti kuat dan kokoh. Manfaat ini terbukti dari banyaknya penggunaan batu kali yang banyak digunakan oleh rumah-rumah sederhana di banyak tempat.

3.4. Tahan Terhadap Goncangan

Tak heran bila hingga saat ini batu kali masih tetap diunggulkan dibandingkan dengan bahan lainnya. Agar daya tahan rumah terhadap goncangan semakin baik, kini bahkan banyak orang yang mengombinasikannya dengan teknik pemasangan lain.

Dengan begitu, rumah bisa meredam getaran baik itu yang terjadi dari dalam tanah ataupun dari lingkungan sekitarnya.

3.5. Biaya Pembuatan yang Murah

Bahan baku utama konstruksi pondasi batu kali adalah tambahan pasir, dan semen. Tidak hanya itu, biaya yang diperlukan untuk menyediakan bahan baku pondasi batu kali tentunya relatif jauh lebih murah. Cara ini juga bisa digunakan untuk menyiasati biaya pembangunan rumah yang terbatas namun ingin tetap menjaga kualitasnya.

3.6. Ukuran Mudah Disesuaikan

Pondasi batu kali sangat cocok untuk digunakan sebagai pilihan untuk anda yang akan melakukan pembangunan rumah.

Ukuran lebar pondasi juga bisa disesuaikan dengan ukuran rumah dengan mudah, sehingga daya topang bebannya semakin maksimal. Hal ini sekaligus akan menjamin berkurangnya rasio ketidak akuratan pondasi pada suatu bangunan rumah.

4. Harga Batu Pondasi

Untuk harga, batu kali dan batu gunung memiliki harga yang sama. Kedua batuan ini memiliki persamaan dalam bidang kekuatan dan daya tahan.

Di pasaran harga batuan ini berkisar Rp 190.000 hingga Rp 500.000 per meter kubik. Sementara, harga batu dengan volume 1 truk berkisar dengan harga Rp 1.000.000 sampai Rp 2.200.000.

Tinggalkan komentar