Ayam Jago untuk Pengesahan PSHT

Ciri ayam jago untuk pengesahan PSHT itu seperti apa? Persaudaraan Setia Hati Terate adalah lembaga dengan background Pencak Silat Tradisional asli Indonesia. Organisasi ini telah ada sejak 1922 pendiri Ki Hajar Hardjo Oetomo (1888 – 1952), di kota Madiun Jawa Timur.

Sebelum terjadinya pertemuan para sesepuh di pilang bango kota Madiun Jatim, organisasi ini masih dalam bentuk perguruan. Lalu ditetapkan sebagai organisasi sejak kongres tersebut disepakati hingga saat ini.

Ada tradisi unik yang biasa dilakukan oleh perguruan silat ini pada saat pelantikan anggota baru. Hal ini kerap disebut dengan istilah pengesahan calon warga baru PSHT dan tradisi ini sudah dilakukan turun temurun oleh para sesepuh perguruan PSHT.

[TOC]

Fungsi Ayam Jago di PSHT

Bagi setiap siswa diharuskan membawa Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT. Hal ini merupakan keharusan agar dilakukan oleh semua siswa yang akan wisuda atau disahkan sebagai keluarga besar PSHT. Dengan tujuan selamatan sebagai tanda rasa syukur karena telah menyelesaikan semua pendidikannya sebagai pendekar.

ayam ritual pengesahan psht

Selain itu hal ini juga ditujukan untuk mengukur keikhlasan seorang siswa dalam membantu saudaranya dengan cara bershodaqoh. Sebagai simbol kesetiaan terhadap keluarganya sendiri.

Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT ini nantinya akan disembelih untuk dijadikan hidangan penutup. Dan dimakan bersama-sama dengan warga lain yang sudah disahkan lebih dulu setelah dilakukan ritual bersama dengan para sesepuh perguruan.

Namun tidak semua ayam jago bisa digunakan Untuk Pengesahan warga PSHT yang baru. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT karena kriteria tersebut sebagai lambang dari sifat seorang pendekar.

Jenis Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT

Pada dasarnya tidak ada kriteria khusus pada ayam yang akan digunakan untuk pengesahan calon warga karena hal ini hanya merupakan simbolik saja.

Setiap calon warga bisa memilih ras ayam apapun baik itu ayam bangkok atau pun ayam kampung dan sebagainya, yang terpenting harus jenis ayam jago (jantan) bukan ayam betina yang digunakan.

Jadi bagi kamu yang mencari Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT wajib mencari ayam jantan karena keindahan bulu ayam jantan dewasa mempunyai simbol-simbol tersendiri.

Ciri Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT

Pada saat pengesahan warga PSHT akan dimulai maka kakak kelas atau warga tingkat 2 akan meneliti semua bagian ayam mulai ujung kaki hingga kepala yang dibawa siswa untuk memastikan Ayam Jago Pengesahan PSHT itu memang sehat dan layak.

Tahapan itu biasa diistilahkan dengan Tes Jago PSHT. Berikut ciri Ayam Jago untuk kamu jadikan rekomendasi:

  1. Kamu wajib memastikan ayam tersebut sehat secara keseluruhan fisik, karena ini melambangkan sang pemilik atau siswa saat menjaga kebersihan serta kesehatan raganya sendiri.
  2. Ayam Jago harus sesuai dengan minat kesukaan siswa itu sendiri. Kriteria itu menggambarkan keikhlasan hati seorang siswa dalam berbagi dengan saudaranya dan memperkuat tali persaudaraan meskipun sesuatu tersebut begitu disayangi olehnya.
  3. Fisik juga mental ayam jago harus benar-benar dalam sikon baik. Maksudnya ayam tersebut tak mengalami sakit ayan bahkan trauma setelah bertarung juga cacat akibat pertarungan. Ini menjadi simbolis bagi mental siswa juga kepribadiannya yang bisa menyelesaikan masalah dengan bijaksana sehingga hatinya menjadi bersih tanpa dendam yang dibilang cacat mental kepribadian.
  4. Disarankan untuk menggunakan ayam jago yang dirawat sendiri untuk menghindari cacat pada fisik akibat diadu.

Sebenarnya kamu bisa membeli dari berbagai peternak ayam aduan, namun kamu juga harus memastikan ayam tadi tidak cacat. Kalau mau pilihlah yang siap adu namun belum pernah ditarungkan untuk memastikan kesehatannya.

Usia Ayam Pengesahan PSHT

Ada sebagian yang menanyakan tentang usia ayam untuk pengesahan PSHT ini. Menurut saya hal ini cukup opsional karena jika dinilai dari kegunaan nantinya akan dipotong lalu dinikmati hidangannya bersama-sama.

Saya pribadi menyarankan untuk mencari ayam jago dengan usia  6-8 bulan karena saat usia itu: 

  • Jago sudah bisa berkokok
  • Postur serta size badan sudah maksimal
  • Penampilan juga dalam sikon maksimal
  • Belum terlalu tua, jadi daging masih sangat pas untuk dikonsumsi
  • Andai kata pernah bertarung mungkin hanya dalam 1-2 kali saja

Arti Warna Ayam Jago PSHT

Karena tujuan dari pengesahan merupakan syukuran kenaikan kelas / kelulusan maka warna tak terlalu berpengaruh disini. Namun umumnya pendahulunya menggunakan ayam jago berwarna hitam.

Hal ini berlaku bukan karena ada sebab sesuatu melainkan di Indonesia sendiri lebih mudah dalam mendapatkannya karena rata-rata peternak punya ayam berwarna itu serta bulu hias yang berbeda-beda.

Jadi kamu bisa memilih warna apa saja sesuai selera dan mudah didapatkan. Ada sebagian kecil yang berpendapat tentang Warna Yang Tidak Boleh Untuk Pengesahan PSHT hal ini bisa dihindari dengan tidak memilih ayam blorok, namun belum ditemukan kejelasan tentang hal ini untuk bisa diterima secara konkrit.

Harga Ayam Jago PSHT

Untuk mendapatkan atau membeli ayam jago kita tidak bisa membuat suatu patokan harga dikarenakan ini berhubungan dengan para pemilik atau penjual ayam tersebut.

Dalam islam hukum jual beli bisa dikatakan sah apabila terjadi ridho biridho, artinya antara penjual dan pembeli telah membuat suatu kesepakatan dan tidak merugikan salah satu pihak baik penjual maupun pembeli.

Untuk saat ini di Indonesia umumnya Harga Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT di kisaran angka nominal antara 200-500 rb tergantung jenis dan kualitas jago tersebut. Namun ada juga yang membeli di kisaran harga 1jt tergantung pada kemampuan siswa yang mau membelinya.

Mitos Ayam Jago Putih PSHT

Warna dari Ayam Jago Putih melambangkan filosofi yang sangat tinggi yaitu kesucian, pemilik ayam ini nantinya harus bisa menjaga kebersihan dan ketulusan hatinya saat terjun di masyarakat dan tidak mudah dipengaruhi oleh politik model apapun yang dapat merugikan sesama.

Disisi lain ayam jago putih juga menjadi perhatian sebagian ulama. Hal ini tertulis dalam kitab karangan Syeikh al-‘Allamah Kamaluddin Muhammad bin Musa al-Damiry r.a, dengan judul Hayatu al-Hayawanu al-Qubro.

Berikut penjelasannya:

Apabila ada seseorang berniat menyembelih ayam jago putih untuk acara syukuran/selametan maka satu keluarga tersebut akan dijauhkan dari musibah dan mara bahaya, semua harta, kesehatan, dan keluarganya akan di jaga oleh Allah lantaran selametan tersebut.

Ayam jago putih juga biasa disebut “KINANTAN” juga menjadi hewan kecintaan Rasulullah SAW dan malaikat Jibril. Mitosnya Jago Putih juga bisa melindungi rumah sang pemilik dari gangguan mahluk halus atau orang yang berniat jahat.

Riwayat Rasulullah dengan Ayam Jago Putih

Dalam riwayat lain Syaikh Muhibbuddin al-Thobary juga menjelaskan: Ketika Rasulullah SAW sedang dalam perjalanan jauh bersama para sahabatnya, beliau sering membawa ayam kesayangannya untuk mengetahui waktu sholat melalui nada kokok ayam tersebut.

Rasulullah juga berkata dalam riwayat Mu’jami al-Tobroni serta dalam Tarikh Ashbahan: Allah S.W.T juga mempunyai seekor Ayam Jago Putih yang kedua sayapnya dihias dengan permata Jabarjad, Yaqut, dan Mutiara. Kedua sayapnya menjuntai dari ujung barat hingga ke ujung timur, ayam itu berdiri di udara dan kepalanya menyangga arasy.

Ayam itu selalu berkokok mengumandangkan adzan di tiap-tiap waktu sahur hingga terdengar oleh penduduk langit dan bumi, namun ada sebagian jin dan manusia yang tidak bisa mendengarnya. Ketika kokok adzannya bergema dijawab lah secara bersahutan oleh nada kokok ayam-ayam jago yang berada diseluruh muka bumi.

Allah S.W.T juga berfirman pada ayam tersebut “Kumpulkanlah sayap sayapmu serta rendahkanlah suaramu”, ketahuilah wahai semua warga langit dan bumi sesungguhnya hari kiamat sudah dekat.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita kali ini terkait Ayam Jago Untuk Pengesahan PSHT semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi untuk teman-teman semua. Mohon maaf jika banyak terjadi kesalahan dalam memberikan wawasan. salam pesilat nusantara.,

Dengan niat baik untuk membantu kemudahan siswa PSHT dalam mencari ayam jago yang berkualitas, tim kami berusaha menawarkan berbagai jenis ayam jago untuk pengesahan dan kelulusan siswa PSHT di seluruh Indonesia.

WA: 085331062696

Terimakasih.,

Apa keistimewaan ayam jago putih?

Mitosnya Ayam Jago Putih juga bisa melindungi rumah sang pemilik dari gangguan mahluk halus atau orang yang berniat jahat.

Apa makna ayam jago di PSHT?

Ayam Jago sebagai simbolis untuk menjadi Masyarakat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tingkat I. Memiliki makna berani karena benar, tingkah lakunya menjadi panutan dan tidak grusa-grusu dalam mengambil keputusan.

Apa makna dari ayam putih?

Dari warnanya yang putih melambangkan nilai kesucian yang luhur. Berbudi pekerti dan tidak acuh terhadap masalah saudaranya.

Leave a Comment